Karya Ilmiah tentang Pengaruh Full Day

Karya Ilmiah tentang Pengaruh Full Day School pada Keseharian Siswa kelas XI SMAN 1 PENGASIH

BAB I
 PENDAHULUAN

      1. Latar Belakang Masalah

       Pendidikan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas siswa. Karena di dalam suatu pendidikan siswa diharapkan mampu mengembangkan potensi dirinya, menambah pengetahuan, dan menjadi pribadi yang baik. Sehingga pemerintah berupaya untuk meningkatkan kadar kualitas siswa dengan diterapkannya full day school.

       Full day school merupakan model pembelajaran dengan menambah waktu belajar siswa dari pagi hingga sore hari. Dengan begitu kecenderungan bagi siswa untuk bersifat asosial bisa teratasi.Dalam pembelajaran sistem Full Day School terdapat kelebihan dan kelemahannya masing-masing, sehingga timbul dampak positif dan negative dari sistem Full Day School.

    Sistem full day school merupakan salah satu alternatif upaya untuk memperbaiki di bidang pendidikan. Masyarakat yang berharap agar anaknya bisa belajar lebih lama untuk mendapatkan wawasan ilmu pengetahuan untuk masa depannya kelak. Namun, seringkali terjadi kelelahan pada anak dalam proses belajar yang sampai sore. Sehingga anak kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh gurunya.

      2. Perumusan Masalah

       Berdasarkan uraian latar belakang di atas, masalah yang akan dijadikan fokus penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut.
a. Bagaimana pelaksanaan full day scho di SMAN 1 PENGASIH?
b. Bagaimana sikap dan perilaku siswa setelah diterapkannya full day school?
c. Bagaimana aktivitas siswa baik dirumah maupun di sekolah setelah penerapan full day school?
d. Bagaimana cara mengantisipasi aktivitas kegiatan siswa yang salah dalam penerapan full day school?

      3. Tujuan Penelitian

    Penelitian ini bertujuan sebagai berikut.
a. Untuk mengetahui pelaksanaan full day school di SMAN 1 PENGASIH.
b. Untuk mengetahui sikap dan perilaku siswa setelah penerapan full day school.
c. Untuk mengetahui aktivitas siswa baik dirumah maupun di sekolah setelah penerapan full day school.
d. Untuk mengetahui cara mengantisipasi aktivitas kegiatan siswa yang salah dalam penerapan full day school.

       4. Manfaat

     Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini sendiri di maksudkan untuk memberi manfaat sebagai berikut :
  • Bagi Penulis

a. Memberi pengalaman terhadap penulis dalam membuat karya tulis.
b. Membantu penulis dalam menuangkan idenya dalam bentuk karya tulis ilmiah.
  • Bagi Pembaca

a. Untuk memberi informasi tentang pelaksanaan sistem Full Day School di SMAN 1 Pengasih.
b. Untuk memberi informasi tentang sikap, perilaku, dan aktivitas siswa setelah penarapan Full Day School.
c. Untuk memberi informasi tentang cara mengantisipasi perilaku yang salah setelah penerapan Full Day School.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA

Pengertian Full Day School

Menurut etimologi kata full day school berasal dari bahasa inggris, yang berarti sekolah sehari penuh. Sedangkan menurut terminologi, ada beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian full day school yaitu :
a. Menurut H. M. Roem Rowi, “full day school adalah sekolah penuh yang dimulai pagi sampai sore.”
b. Menurut Lidus Yardi, “penerapan full day school adalah proses pembelajaran sehari penuh di sekolah yang dilaksanakan oleh pihak sekolah.”
c. Menurut Ria Angelia Wibisono, full day school adalah sistem pendidikan yang membuat anak belajar lebih lama disekolah. Dengan sistem pendidikan yang lama orang tua akan merasa senang atau tidak terbebani bagi orang tua yang bekerja. Setiap anak pulang dari sekolah, orang tua sudah ada di rumah, jadi tidak akan terlewatkan rasa perhatian orang tua pada anak.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


  • Waktu dan Tempat Penelitian

Waktu penelitian dimulai tanggal 26 April 2018 sampai 30 April 2018.
Tempat penelitian dilakukan di SMAN 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo Provinsi Yogyakarta.

  • Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitin Karya Tulis Ilmiah ini yaitu :
~Angket/Kuisioner
Angket adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh responden.
Teknik Analisis Data
Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan pengolahan data analisis kualitatif dalam bentuk tabel. Adapun data analisis kualitatif yang digunakan penulis berdasarkan sumber yang penulis peroleh dari angket.


BAB IV
PEMBAHASAN


1.Apakah Anda setuju dengan penerapan Full Day School di SMAN 1 Pengasih

ya =17
tidak =5
Karena hari liburnya menjadi 2 hari yaitu Sabtu dan Minggu.

2.Apakah pelaksanaan Full Day School di SMAN 1 Pengasih berjalan dengan efektif.

ya = 7
tidak = 15

3.Apakah Anda memiliki waktu luang untuk melakukan aktivitas kebiasaan Anda.

ya = 13
tidak = 9

4.Apakah Anda merasa terbebani dengan adanya tugas sekolah setelah penerapan Full Day School

ya = 20
tidak = 2
Karena pulang sekolah sudah sorr dan terlalu capek.

5.Apakah penerapan Full Day School berdampak negatif pada Keseharian Anda

ya = 10
tidak = 12
Tidak ada pengaruhnya dan masih punya waktu luang untuk melakukan aktivitas lain.

6. Bagaimana pendapat Anda mengenai penerapan Full Day School

-Sudah cukup baik namun merasa kelelahan harus pulang sore ditambah dengan tugas rumah

7.Apakah Anda merasa terbebani dengan adanya Full Day School
- Tidak, karena libur bertambah
- Ya, karena banyak PR dan kurang sosialisasi

8.Apa harapan Anda dengan adanya  Full Day School
-Kurangi tugas rumah yang berlebihan

9.. Apa yang Anda lakukan setelah pulang sekolah
Bermain = 6 siswa               c.  Istirahat = 15 siswa
Belajar = 1 siswa
BAB V


SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan

      Setelah saya melakukan penelitian dengan menggunakan angket/kuesioner. Yang sudah diisi oleh narasumber yaitu siswa XI Mipa 3. Menunjukkan bahwa :
Sebagian besar siswa menyetujui dengan adanya FDS.  Namun pelaksanaannya belum berjalan dengan efektif.
Siswa juga masih memliki waktu luang. Mereka merasa terbebani dengan adanya tugas sekolah yang berlebihan.
Dampak negatifnya dirasakan oleh sebagian siswa. Untuk mengatasinya siswa melakukan aktivitas sepulang sekolah. Seperti istirahat, bermain, atau belajar.
Siswa berharap FDS bisa mengurangi beban mereka. Dengan tidak memberi tugas rumah yang berlebihan.

Saran

  • Bagi Pelajar

Dengan adanya penelitian ini siswa diharapkan dapat lebih mengoptimalkan waktunya. Digunakan untuk aktivitas yang bermanfaat.

  • Bagi Orang Tua

Orang tua lebih mengawasi aktivitas anak dirumah. Untuk menghindari perilaku yang tidak diinginkan.


BAB VI
DAFTAR PUSTAKA

https://www.google.co.id/amp/silabus.org/full-day-school/amp/
http://rikysaputra16.blogspot.com/2017/12/contoh-karya-tulis-ilmiah.html?m=1

https://www.google.co.id/amp/s/blog.ruangguru.com/sistematika-karya-tulis-ilmiah%3Fhs_amp=true

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Berpikir Kritis Strategi Untuk Pengambilan Keputusan

Teks Eksplanasi Tentang Pengangguran